Diblokir Kemenkominfo, Situs Cek KTP Ilegal Tidak Dapat Diakses

By Disdukcapil 12 Des 2016, 02:34:45 WIBKTP Elektronik
Diblokir Kemenkominfo, Situs Cek KTP Ilegal Tidak Dapat Diakses

Kemendagri melalui Ditjen Dukcapil bergerak cepat menonaktifkan website cek KTP tidak resmi yang beralamat di ektp.cektkp.com.  Situs yang beberapa hari terakhir marak beredar melalui media sosial seperti WhatsApp, Twitter, dan Facebook tersebut banyak digunakan masyarakat untuk mengetahui identitas seseorang hanya dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

 

Pemblokiran website yang menggunakan data tidak valid tersebut dilakukan Kemenkoninfo atas permintaan resmi Kemendagri, Sabtu (27/08/2016).

 

Dirjen Dukcapil Kemendagri Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. meminta masyarakat untuk tidak mengakses situs tersebut. Menurutnya, data yang ada di website tersebut hanya data penduduk usia di atas 17 tahun dan tidak valid karena menggunakan data lama. 

 

"Untuk situs itu kita sudah cek, itu bukan dari Kemendagri. Kalau Kemendagri NIK yang tertera lengkap, sedangkan yang pada situs tersebut hanya dari umur 17 tahun ke atas," tegas Prof. Zudan di sela-sela pagelaran wayang kulit di kantor Ditjen Dukcapil, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (27/08/2016).

 

Prof. Zudan juga menyampaikan, data penduduk aman di Sistem Database Kependudukan Nasional. "Data kita aman, traffic-nya aman, dan log-nya juga aman" tutup Zudan. 

 

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo menegaskan bahwa situs cek KTP tersebut tidak resmi. "Kemendagri tidak pernah membuat situs tersebut”, tegas Mendagri. 

 

Memastikan pemblokiran tersebut, Tim Media Dukcapil Kemendagri, Minggu (28/08/2016), mengunjungi laman website ektp.cektkp.com. Ternyata benar, situs tersebut tidak dapat diakses. 

 

Laman situs tersebut hanya menampilkan kalimat “Oops! Maaf, akses anda ke halaman ini diblokir karena mua

Poling Pendapat

Bagaimanakan menurut anda pelayanan Disdukcapil Kota Tanjungbalai?

  Buruk
  Sangat Baik
  Biasa Saja
  Baik